Pendaftaran online peserta didik baru SMK Negeri 1 Cilacap

Selasa, 29 September 2009

Peristilahan dalam koneksi internet

1.Add-on yaitu device baru yang ditambahkan pada suatu komputer untuk mengembangkan kapasitasnya atau untuk menambah kapasitas yang baru lagi.
2.Application yaitu pada pemrosesan data, maka istilah ini digunakan untuk penggunaan komputer bagi pemecahan masalah tertentu atau bagi pelaksanaan tugas tertentu.
3.Bandwith ini analog dengan kapasitas untuk membawa informasi, sama seperti diameter pipa menentukan berapa banyak air yang dapat digunakan pembawanya.
4.Blank biasanya menyatakan characrter kosong (space, spasi,) meskipun blank jutga dapat menyatakan suatu byte di mana semua bitnya bernilai 0. Istilah ini sering membingungkan.
5.Bug yaitu kesalahan dalam program yang menyebabkan program tak berjalan sebagaimana harusnya. Ini juga digunakan untuk menyatakan gangguan-gangguan pada hardware.
6.Byte yaitu sekelompok bilangan tetap atau bit yang membentuk suatu character tertentu. Dikatakan juga untuk mesin instruksi, atau unit-unit logical informasi lainnya. Pola bitnya akan menentukan makna dari byte yang bersangkutan, seperti juga character yang tercetak menyampaikan suatu makna tertentu. Biasanya 1 byte terdiri dari 8 bit.
7.Card slot yaitu suatu posisi pada printed circuit board yang terdapat pada suatu card cage atau suatu backplane.
8.CPU yaitu singkatan dari central processing unit.Character, yaitu dapat berbentuk huruf, nomor (digit) atau simbol grafis lainnya. Biasanya berbentuk byte.
9.Chip yaitu suatu komponen elektronis kecil terbuat dari silikon, mengandung sirkuit-sirkuit yang kecil sekali. Ini juga dikenal dengan sebutan integrated circuit.
10.Circuit yaitu suatu jalur listrik yang keluar dari sumbernya, melalui suatu resistensi yang melakukan kerja tertentu, dan kembali lagi ke sumbernya. Kadangkala juga harus melalui beberapa switch.
11.Digital yaitu menyatakan informasi dengan mempergunakan nomor binary untuk memberikan simbol pada karakter atau nilai-nilai. Kebanyakan komputer merupakan mesin digital karena hanya dapat bekerja dengan informasi yang formatnya binary.
12.Firmware yaitu program yang direkam secara permanen dalam PROM dan dengan demikian sudah menjadi bagian dari hardware yang melaksanakan fungsi-fungsi software. Juga dikenal dengan sebutan microcode.
13.Index yaitu suatu daftar item-item dan pointer yang menyatakan di mana item-item dapat ditemukan. Ini dapat dibandingkan dengan indeks pada suatu buku.
14.Input yaitu data yang dimasukkan ke dalam komputer.
15.Log off yaitu menghentikan suatu session kerja pada terminal dan memindahkan terminal dari status aktif dalam sistem komputernya menjadi status yang tidak aktif. Dimasukkan suatu perintah melalui keyboard terminal (LOG OFF atau Bye), memberitahu pada sistem bahwa sekarang terminal itu tidak aktif lagi.
16.Log on yaitu memulai suatu masa kerja pada terminal dan menempatkan terminal dalam status aktif dalam sistem komputernya.Tag, yaitu satu atau lebih dari satu buah character yang disambungkan pada suatu item atau record sebagai pengidentifikasi.
17.Virtual yaitu memberi kesan seakan-akan ada padahal tidak ada. Ini merupakan konsep yang penting pada sistem data processing skala medium sampai skala besar. Teknik-teknik virtual ‘menipu’ sistem komputer atau program sedemikian rupa, sehingga komputer atau program itu percaya bahwa sarana yang ada lebih banyak daripada yang sesungguhnya tersedia.
18.Topologi adalah Cara menghubungkan komputer dalam jaringan.
19.LAN Card adalah Sebuah periperal komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
20.Konektor adalah Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubungkansatu node ke node lain melalui kabel.
21.UTP(Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasangkabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua,empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakaidalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) denganmetode pengawatanIP 22.Address adalah Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuahkomputer yang terhubung dalam jaringan dalambentuk aturan tertentu.
23.Sharing : penggunaan bersama sumber daya (peripheral dandata) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan.

sumber :ahrusdi blog

Tidak ada komentar: